๐˜ฟ๐™€๐˜พ / ๐™‡๐˜ผ๐™‰๐™‚๐™†๐˜ผ๐™ƒ ๐™†๐™๐˜ฟ๐˜ผ

๐Š๐”๐ƒ๐€ 

Kuda adalah buah catur yang paling tricky! Langkah kuda sangat berbeda dari perwira lainnya dan dapat memberikan garpuan yang ditakuti atau bahkan memberikan smothered mate / mat terjepit!





saat permainan dimulai, masing-masing pihak memulai dengan dua kuda. Kuda Putih memulai permainan di b1 dan g1, sedangkan Kuda Hitam memulai di b8 dan g8.

๐™ฟ๐šŠ๐š›๐šŠ ๐š”๐šž๐š๐šŠ ๐š๐š’ ๐š™๐š˜๐šœ๐š’๐šœ๐š’ ๐šŠ๐š ๐šŠ๐š• ๐š–๐šŽ๐š›๐šŽ๐š”๐šŠ.



๐’Œ๐’–๐’…๐’‚ ๐’Š๐’•๐’– ๐’–๐’๐’Š๐’Œ ๐’…๐’†๐’๐’ˆ๐’‚๐’ ๐’‚๐’๐’‚๐’”๐’‚๐’ ๐’–๐’•๐’‚๐’Ž๐’‚ :

1) Kuda adalah satu-satunya perwira yang bisa melompat atau melompati buah lain

2) setiap kali dia melangkah, kuda berganti dari petak terang ke petak gelap, atau sebaliknya.


"Kuda dianggap sebagai perwira kecil (seperti gajah) dan bernilai tiga poin. Kuda lebih besar nilainya dibandingkan pion (yang bernilai satu poin), sama nilainya dengan gajah (juga tiga poin), tetapi lebih kecil nilainya daripada benteng (lima poin) dan menteri (sembilan poin)."


๐‘ฉ๐’‚๐’ˆ๐’‚๐’Š๐’Ž๐’‚๐’๐’‚ ๐‘ฒ๐’–๐’…๐’‚ ๐‘ด๐’†๐’๐’‚๐’๐’ˆ๐’Œ๐’‚๐’‰

Kuda melangkah beberapa petak setiap langkah. Kuda dapat melangkah ke atas atau ke bawah satu petak secara vertikal dan lebih dari dua petak secara horizontal ATAU ke atas atau ke bawah dua petak secara vertikal dan satu petak secara horizontal. Langkah ini disebut langkah "๐‘ณ๐‘ฐ๐‘ป๐‘ป๐‘ฌ๐‘น ๐‘ณ". Langkah ini dapat diingat sebagai "bentuk-L" karena terlihat seperti huruf kapital "L".



๐‘ฒ๐’–๐’…๐’‚ ๐’Ž๐’†๐’๐’‚๐’๐’ˆ๐’Œ๐’‚๐’‰ ๐’…๐’‚๐’๐’‚๐’Ž ๐’ƒ๐’†๐’๐’•๐’–๐’Œ-๐‘ณ!

Aspek unik lain dari kuda adalah bahwa ia selalu berganti-ganti antara dua warna. Jika kuda memulai di petak terang dan membuat langkah yang legal, itu selalu berakhir di petak gelap. Jika kuda memulai di petak gelap, itu selalu berakhir di petak terang. Ini adalah kebalikan dari gajah, yang terbatas pada satu petak warna untuk seluruh permainan.

Pada gambar di bawah ini Anda dapat melihat seluruh potensi langkah kuda. Perhatikan bahwa kuda berada di petak terang, jadi setiap langkah legal akan mendarat di petak gelap.



๐‘ฒ๐’–๐’…๐’‚ ๐’…๐’‚๐’‘๐’‚๐’• ๐’Ž๐’†๐’๐’๐’Ž๐’‘๐’‚๐’•๐’Š ๐’ƒ๐’–๐’‚๐’‰ ๐’๐’‚๐’Š๐’!

Selalu ingat bahwa kuda dapat memakan buah lain hanya jika mendarat di petak yang diduduki, bukan yang dilompati! Hal keren lainnya tentang kuda? Mereka dapat memberikan garpuan yang menghancurkan dan skakmat dengan tema smothered mates / mat terjepit!

๐‘ฎ๐’‚๐’“๐’‘๐’–๐’‚๐’ ๐‘ซ๐’‚๐’ ๐‘ด๐’‚๐’• ๐‘ป๐’†๐’“๐’‹๐’†๐’‘๐’Š๐’•

Garpuan adalah saat ketika dua atau lebih perwira diserang secara bersamaan. Meskipun ini dapat dicapai dengan perwira lain, tetapi kuda adalah perwira yang paling cocok untuk jenis serangan ini, karena dapat menyerang banyak perwira yang lebih besar nilainya dalam satu langkah.

mat terjepit merupakan skakmat yang dilakukan oleh kuda saat raja berada pada celah yang sempit dan kuda tidak dapat bergerak kemana mana, dimana posisi raja di impit oleh bidak lain, baik di kanan kiri atas bawah dan posisi serong raja, hal ini mengakibatkan raja tidak bisa bergerak kemana" dan terjadi mat terjepit. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

๐๐€๐๐€๐ ๐‚๐€๐“๐”๐‘ ๐Œ๐€๐†๐๐„๐“ ๐‡๐€๐๐˜๐€ ๐Ÿ๐ŸŽ๐ŸŽ๐Š

๐˜ฟ๐™€๐˜พ/ ๐™‹๐˜ผ๐™‹๐˜ผ๐™‰ ๐˜พ๐˜ผ๐™๐™๐™

๐™–๐™จ๐™–๐™ก ๐™ช๐™จ๐™ช๐™ก ๐™ฅ๐™š๐™ง๐™ข๐™–๐™ž๐™ฃ๐™–๐™ฃ ๐™˜๐™–๐™ฉ๐™ช๐™ง(๐™˜๐™๐™š๐™จ๐™จ)